Sunday, September 29, 2019

Nested While PHP pada Website

Nested While PHP pada Website
Nested While PHP pada Website
WWW.IRVANSOFT.COM - Nested While PHP pada Website, Selamat datang diblog sederhana Irvan dan pada kesempatan kali ini admin akan share nih sebuah penjelasan mengenai penggunaan Nested While PHP dalam sebuah website.

Jika kalian belum paham dasar pemrograman dan logika kalian bisa tuh melihat konten Algoritma dan Pemrograman Dasar (ALPRO) diblog ini. dan buat kalian yang sudah paham dasar tapi masih bingung nih kapan sebaiknya penggunaan nested while loops ini terjadi pada website !?.

Nah untuk menjawab pertanyaan kapan digunakannya Nested While Loops tersebut admin akan mengambil contoh kasus pembuatan Menu tabel pada situs yang dulu admin kerjakan yaitu PPID Universitas Mulawarman.

Berikut ini adalah contoh hasil penggunaan Nested While PHP :

Nested While PHP pada Website
Nested While PHP pada Website

SKENARIO :
Terdapat sebuah tabel yang mempunyai atribut ID, FileName, Kategori, status, Link nah simpelnya kita anggap gitu aja, nah selanjutnya kita diminta untuk menampilkan data dalam bentuk list dengan kondisi dimana status harus tersedia, kategori menjadi Highlight menu dan terakhir FileName menjadi data yang terlist dibawah highlight menu.

Dari sini sudah sangat terlihat jelas bahwa kita membutuhkan logika nested dalam pengambilan dan presantasi data pada tabel kita.

LOGIKA :
Dari skenario diatas membuat kita harus menggunakan logika nested while yah walaupun sebenarnya kalian dapat menggunakan perulangan yang lain seperti nested for juga dapat kalian gunakan.

Disini yang pertama kita harus lakukan ialah mengambil dan menampilkan semua kategori yang ada pada tabel dan tantangannya adalah bagaimana cara agar kita hanya mengambil kategori yang bersifat unik saja nah disini kita membutuhkan sesuatu yang disebut dengan "DISTINCT" dalam proses pengambilan kategori.

Sintaknya ialah :

$experiment = "select distinct tabel1 from files where jenis='Tersedia'";

Tapi ingat atur dulu sintak Connection database-nya yah :

$konek=mysqli_connect("localhost","root","","entahapayangmeraskimu");

Setelah semuanya aman kita akan menampung data unique dari variabel $experiment dengan sintak penampung :

 $hasil1 = mysqli_query($konek, $experiment);

Nah setelah ditampung selanjutnya kita masuk ke sintak Nested While yang berfungsi untuk menampilkan data sesuai yang diminta. Sintaknya ialah sebagai Berikut :

<?php
       $no = 1;
       while ($a = mysqli_fetch_array($hasil1)) {
       $aa = $a['kategori'];
       echo " <div class='accordion_container'> <div class='accordion d-flex flex-row align-items-center'><div>$aa</div></div> <div class='accordion_panel'>";
       $sql = "select * from files where kategori='$aa' and jenis='Informasi Tersedia'";
       $hasil = mysqli_query($konek, $sql);
              while ($record=mysqli_fetch_array($hasil)){$nama = $record['FileName'];                      $link = $record['Link']; echo " <a href='$link'>$no. $nama<br></a> ";$no++; }echo "</div><br>";}?>
 Nah untuk echo yang ada pada kode diatas itu menyesuaikan yah dengan css yang kalian gunakan guys, diatas saya menggunakan Bootstraps Accordion Menu, silahkan berexperiment yah guys.

Nah gimana telah berhasil kah kalian mengikuti tutorial diatas ? jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar yah kawan, sekian dulu untuk postingan kali ini Assalamualaikum Wr.Wb.

Adalah seorang mahasiswa Teknik Informatika yang Menyukai Web Development dan Mikro-kontroler.