Tuesday, September 3, 2019

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Selamat datang diblog sederhana irvansoft.com, pada kesempatan kali ini admin akan sharing nih hal-hal yang dapat kalian lakukan ketika flashdisk kalian tidak terbaca. tapi sebelum kita menuju ke langkah-langkah yang dapat kalian lakukan mari kita ketahui terlebih dahulu tentang apa penyebab terjadinya kerusakan tersebut.

Pada umumnya terdapat beberapa hal yang paling sering menjadi alasan flashdisk tidak dapat terbaca oleh perangkat kalian guys. Berikut ini adalah beberapa hal tersebut:

- Kerusakan fisik dari Flashdisk itu sendiri
- Kerusakan karena mencabut tanpa safely eject terlebih dahulu
- Terdapat masalah pada Port PC kalian
- Besi port flashdisk yang bermasalah (berkarat atau bagian dalam yang lecet)
- Flashdisk kualitas rendah

Hal yang ingin admin bagikan disini dapat kalian lakukan langsung di laptop/PC kalian guys, so sambil baca silahkan dipraktekan juga.

Berikut Hal yang Dapat dilakukan:

- Menggunakan Laptop lain
- Menggunakan Command Prompt Windows untuk mengecek disk yang terhubung
- Selalu aktifkan notifikasi Hardware

1. Menggunakan Laptop Lain

Nah pada tutorial yang ini cukup simpel kalian hanya perlu meminjam laptop kakak, adek, bapak, ibu atau teman kalian. lalu selanjutnya kalian colok flashdisk kalian pada laptop tersebut dan lihatlah apakah dapat terhubung atau tidak.

Jika tidak terhubung dapat dipastikan terdapat masalah fisik pada flashdisk anda sendiri, namun jika berhasil terhubung dan dapat dibuka berarti terdapat masalah pada driver usb atau port usb pada PC kalian tuh.

2. Menggunakan Command Prompt

Untuk yang satu ini kita akan melakukan pengecekan Drive/Perangkat Penyimpanan yang terkoneksi pada perangkat komputer kalian guys, untuk membuka Command Prompt alias CMD sangatlah mudah kalian tinggal tekan CTRL+R -> ketik "CMD" -? tekan Enter.

Setelah jendela Command Prompt telah terbuka langkah selanjutnya hanyalah mengetikkan perintah pengecekan disk drive yang terkoneksi pada perangkat kalian, Kode perintahnya adalah "chkdsk (: e/f/g drive usb) /…".

3. Aktifkan Notifikasi Hardware Terhubung

Nah yang satu ini adalah opsi tambahan guys agar kalian dapat mengetahui setiap saat perangkat penyimpanan eksternal terkoneksi. Setiap saat ada flashdisk, memory card atau penyimpanan lainnya maka windows akan memberitahukan peringatan.

Cara untuk mengaktifkan fitur windows :
1. Colok flashdisk pada perangkat kalian
2. Buka Control Panel
3. Ubah pilih Switch to Classic Mode
4. Klik Add Hardware
5. Kotak dialog muncul dan klik next saja
6. Jika muncul Opsi yang harus dipilih maka silahkan anda pilih "Yes, i have already connected the hardware"
7. Jika terdeteksi maka akan muncul proses autorun dari windows kalian
8. Akan terbuka tuh folder pada Flashdisk kalian

Nah gimana gan sudah dicoba ? jika masih gagal boleh tuh kalian mengirimkan Screenshoot ke admin nih biar admin bantu kalian di kolom komentar yah. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih telah berkunjung Assalamualaikum, Wr,Wb.

Adalah seorang mahasiswa Teknik Informatika yang Menyukai Web Development dan Mikro-kontroler.

This Is The Newest Post